Senin, 20 Juni 2011

postingan 11

MANUSIA DAN PERADABAN (CIVILIZATION)

Beberapa arti peradaban:

Kontjaraningrat (1990:182): menyatakan peradaban untuk menyebut bagian dan unsure kebudayaan yang halus, maju, dan indah sperti misalnya kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, kebudayaan yang mempunyai system teknologi dan masyarakat kota yang maju dan kompleks. Peradaban adalah kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu pada masyarakat yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi dan spiritual. Peradaban memilki kaitan erat dengan kebudayaan. Kebudayaan hakikatnya adalah hasil cipta, karsa dan rasa manusia.
1.      Kemampuan cita (aqal): manusia menghasilkan ilmu pengetahuan.
2.      Kemampuan rasa manusia melalui alat-alat inderanay menghasilkan beragam barang seni dan berbagai bentuk kesenian
3.      Kemampuan karsa manusia: mengehendaki kesempurnaan hidup, kemuliaan dan kebahagiaan sehingga mneghasilkan berbagai aktivitas hidup manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
Tinggi rendanya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh:
1.      Kemajuan teknologi
2.      Ilmu pengetahuan
3.      Tingkat pendidikan
Kemampuan teknologi menjadiikan bangsa itu dianggap lebih maju dari bangsa-bangsa lain pada zamannya. Kemajuan teknologi dapat dilihat dari infrastruktur bangunan, sarana yang dibuat, lembaga yang dibentuk dll.

Wujud peradaban moral:

1.      Nilai-nilai dalam masyarakat dalam hubungannya dengan kesusilaan
2.      Norma: aturan, ukuran, atau pedoman yang dipergunakan dalam menentukan sesuatu yang benar, baik atau buruk.
3.      Etika: nilai-nilai dan norma moral tentang apa yang baik dan buruk yang menjadi pegangan dalam mengatur tingkah laku manusia. Bisa juga diartikan dengan etiket atau sopan santun.
4.      Estetika: berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam keindahan, mencakup kesatuan (unity), keselarasan (balance) dan kebalikan (contrast).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar