Rabu, 06 April 2011

postingan 3

Manusia dan Cinta Kasih

Assalammualaikum wr. Wb

Posting I

Pertanyaan :
Cinta, sayang kasih kemesraan, pemujaan yang terselimuti nilai norma dan agama bisa membawa pada kehidupan manusia yang homohumanus aden nich dunia, tapi kenyataan terjadi mengapa ada dehumanisasi ( ibu dalang membunuh anak, kekasih membunuh sang kekasih) menagapa oh... mengapasemua ini terjadi....jelaskan...jelaskan..

jawab:
Menurut pendapat  saya adanya Cinta, sayang kasih kemesraan, pemujaan yang terselimuti nilai norma dan agama bisa membawa pada kehidupan manusia yang homohumanus , tapi kenyataanny kenapa  terjadi dehumanisasi ( ibu dalang membunuh anak, pembunuhan pacar sendiri), itu semua terjadi dikarnakan tidak adanya selimut cinta,yaitu agama, moral,dan norma yang terlepas.

Cinta kasih itu merupakan perasaan suka atau sayang terhadap seseorang yang di sertai  dengan menaruh belas kasihan tapi kenapa bisa  berubah menjadi kejam,dan tidak berperasaan,sehingga mengabaikan keberadaannya.
contohnya melihat kasus ibu dalang pembunuhan anaknya,sungguh disayangkan sekali melihat kejadian seperti itu ,sangat ironis seharusnya cinta kasih yang tertanam diantara keduanya yaitu ibu dan anak bisa memberikan kedamaian di tengah-tengah keluarga (keluarga harmonis). Perhatian orang tua,harapan orang tua kepada anaknya yang menginginkan agar anaknya menjadi manusia yang berbakti dan berguna di kemudian hari,pupus  dengan adanya  apa yang dilakukan sang ibu yang telah merenggut harapan cita-cita yang selama ini di impikan sang anak,ibu tega menjadi dalang  di balik pembunuhan sang anak,
kemudian adanya pembunuhan pacar sendiri ini sama halnya dengan yang di atas yaitu terlepasnya selimut cinta yang membuat seseorang tega untuk melakukannya,yang awalnya diselimuti cinta kasih yang mendalam,hingga tega membunuh dengan sadisnya,Sehingga jelas sekali bahwa agama, norma, moral dan nilai telah diabaikan.
Ada empat yarat untuk mewujutkan cinta kasih :
1. Pengenalan
2. Tanggung jawab (Responsibiliti)
3. Perhatian (Cere)
4. Saling menghormati (Respek)
Namun bila salah satu syarat itu hilang misalnya tanggung jawab (Responsibility) yang mana terjadi pada contoh diatas bahwa seorang kekasih tega membunuh pacarnya sendiri, itu akibat dari hilangnya tanggung jawab dimana wanita hamil si pria tidak mau bertanggung jawab atas perbuatanya maka berakibat pada pembunuhan tersebut.
Dalam keutuhan cinta itu sendiri seseorang  dituntut untuk :
1. Rasa tanggung jawab
2. Pengobanan
3. Kejujuran
4. Saling percaya
5. Pengertian dan
6. Saling terbuka
Cinta kasih, kasih sayang, kemesraan, pemujaan dan belas kasihan merupakan bagian  yang melekat kuat pada diri manusia, yaitu pada kehidupan manusia yang homohumanus. Semua itu harus dijaga dengan adanya selimut cinta yang terjaga sehingga tidak terjadi hal-hal yang menyebabkan dehumanisasi.
Dehumanisasi akan terjadi karena selimut cinta, yaitu agama, norma, moral, dan nilai telepas.
Oleh karena itu, cinta dan kasih sayang harus selalu dijaga sesuai dengan nilai dan norma agama supaya tidak akan  tidak meenimbulkan dehumanisasi yang bisa merugikan semuanya.

Inilah jwaban dari saya, lebih dan kurangnya saya mohon maaf


Wassalammualaikum Wr Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar